Resep Masak Lele Goreng Tepung Bumbu Kuning

Advertiser
Advertiser
Lele merupakan salah satu hasil budidaya ikan yang cukup melimpah di Indonesia. Ikan tersebut tergolong mudah dibudidayakan karena dapat hidup di kondisi air apapun. Perawatannya juga cukup mudah. Jadi, tak heran bila banyak orang pula yang membudidayakannya.

Selain itu, ikan lele juga menawarkan nilai keekonomian yang lumayan tinggi. Rasa dagingnya yang enak, membuat selalu ada saja permintaan pasar. Selain itu, juga tergolong mudah dimasak. Salah satu resep masakan yang mudah dan banyak disuka adalah lele goreng tepung.

Tidak seperti ikan goreng tepung lainnya (bandingkan dengan resep ikan tuna goreng tepung renyah spesial atau crispy fish mayonese souce), ikan lele goreng tepung yang dibahas pada kesempatan ini digoreng dengan adonan tepung yang campur dengan bumbu kuning. Dengan begitu, selain rasa yang enak, presentasinya juga menggoda selera.


Bahan masak lele goreng tepung bumbu kuning:
1. 1 kilogram ikan lele, bersihkan, dikerat.
2. 5 sendok makan tepung beras.
3. 25 mililiter air putih.
4. Minyak sayur untuk menggoreng.


Bumbu kuning (dihaluskan) untuk masak lele goreng:
1. 3 siung bawang putih.
2. Kuyit seukuran 2 sentimeter.
3. 1 sendok teh ketumbar.

Bumbu lain:
1. Garam secukupnya.
2. Lada putih bubuk secukupnya.


Cara masak lele goreng tepung bumbu kuning:
1. Larutkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan air putih.
2. Tambahkan garam dan lada putih bubuk, aduk rata.
3. Masukkan tepung beras, aduk rata sampai licin.
4. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
5. Celupkan lele ke dalam adonan tepung, angkat, masukkan ke dalam minyak sayur panas, goreng sambil sesekali dibalik sampai matang, kering, dan berwarna cokelat keemasan, angkat, tiriskan.
6. Susun di wadah saji, lele goreng tepung bumbu kuning siap dinikmati bersama resep sambal kecap pedas buat aneka menu atau sambal udang ebi pedas spesial.

Resep masak lele goreng tepung bumbu kuning ini cukup untuk 6 porsi atau lebih.
Advertiser