Begini Cara Memasak Ati Ampela Agar Tidak Amis

Advertiser
Advertiser
Suka makan masakan ati ampela ayam? Tapi, pasti kita jadi ilfeel kalau ternyata, masih tercium bau amis pada masakan tersebut. Padahal, ada beberapa langkah yang dapat diupayakan untuk menghilangkan bau amis tersebut. Begini cara memasak ati ampela agar tidak amis.

Langkah yang paling pertama adalah memastikan bahwa ati ampela ayam yang kita beli, itu masih dalam kondisi yang segar. Artinya, belum terlalu lama disimpan ketika dijual. Kedua, sesampainya, di rumah, langsung dicuci dengan menggunakan air mengalir hingga bersih. Selanjutnya, baru disimpan di dalam freezer, jika tidak ingin langsung memasaknya.


Tapi, kalau ingin langsung memasaknya, balur terlebih dahulu dengan garam dan air jeruk nipis secukupnya. Gosok-gosok supaya lendir yang menyelimuti ati ampela hilang. Kemudian, bilas dengan air bersih.


Selanjutnya, rebus ati ampela bersama aneka rempah. Seperti, daun salam, lengkuas, daun jeruk, jahe, sarai, bawang putih, dan kunyit (bila ingin membuat ati ampela bumbu kuning). Selain untuk menghilangkan bau amis, penggunaan aneka rempah itu juga bertujuan untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih gurih pada ati ampela ayam. Setelah matang, tiriskan. Kini, bau amis pada ati ampela ayam sudah hilang dan siap dimasak untuk aneka masakan. Misalnya, resep semur ati ampela ayam enak, resep ati ampela goreng sederhana, serta resep botok jeroan ayam bumbu pedas.
Advertiser