Lorem




Mumpung ada ayam dan kebetulan lagi ngiler pengen makan kalio ayam. Aku masak ini aja, gak terlalu susah. Resepnya dapet dari
Merry's kitchen nih.



Bahan:

1 ekor ayam muda ( aku pake paha ayam yg udah dipotong2 aja)
1 batang serai, dimemarkan
2 cm lengkuas (laos), dimemarkan
2 buah asam
1 helai daun kunyit
4 helai daun jeruk purut
3 gelas santan
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya



Bumbu yang dihaluskan:

8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
8 buah cabai merah
4 cm kunyit
6 butir kemiri



Cara Membuat:

Bersihkan ayam lalu potong menjadi 4 bagian.
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama serai, lengkuas, daun kunyit, daun jeruk dan garam secukupnya.
Setelah tercium aromanya, masukkan potongan ayam, asam dan santan.
Masak samoau ayam menjadi empuk and santan mengental/berminyak.
Angkat dan siap dihidangkan

Untuk 3-4 orang.

Kalio Ayam




Bahan dasar pempek :

* 500 gram daging ikan (bisa juga pake fish paste, bisa dibeli di toko Asia, kalo di Belanda banyak di toko Cina)
* 10 sendok makan air es
* 6 sendok makan tepung terigu
* 300 gram tepung kanji
* 3 sendok teh garam
* 1/2 sendok teh vetsin ( kalo suka lho)



Bahan cuko :

* 250 gram gula merah
* 50 gram asam jawa
* 2 sendok teh cuka
* 750 ml air ( kalo aku kadang lebih, tergantung selera)
* 5 siung bawang putih, digeprak aja
* 2 sendok makan ebi, dihaluskan
* 10 buah cabe rawit ( tergantung selera, kalo aku udah cukup segitu)
* 1 sendok makan tongcai, di cincang halus
* 1 sendok teh garam.



Cara membuat :

1. Daging ikan yang belum dihaluskan, bisa dihaluskan dengan saringan ikan (kalo di Palembang namanya piri'an), tapi buat lebih praktis bisa juga diblender.
2. Setelah daging ikan halus, masukkan air es, garam, vetsin. Aduk sampai semua tercampur rata. Kemudian tambahkan tepung kanji dan tepung terigu sembari di uleni, hingga tidak menempel lagi ditangan.
3. Kemudian bentuk adonan sesuai dengan selera. Jangan lupa setiap kali membentuk adonan, lumuri tangan dengan tepung kanji secukupnya.
4. Rebus pempek yang telah dibentuk dalam air yang mendidih, angkat bila pempek mengapung.
5. Kalo mau enak bisa di goreng terus dicampur



Cara membuat cuko :

1. Didihkan 750 ml air, masukkan gula merah, asam jawa, cuka kemudian saring.
2. Masukkan bawang putih, ebi, cabe rawit, garam, tongcai ke dalam air yang sudah disaring, masak sampai mendidih. Apabila sudah masak cuko siap di hirup2 dengan pempek...he..he..he

Selamat mencoba.





Pempek Palembang





Bahan-bahan :

Beras ketan ( sesuaikan dgn keinginan, kalo aku cukup 3 gelas kecil)
3 siung bawang merah ( diiris )
3 siung bawang putih (
diiris )
2 butir telor ayam ( kalo mau satu boleh, mau lebih juga boleh sesuai keinginan)
Garam secukupnya
Maggie blok secukupnya
Minyak untuk menggoreng secukupnya
Air secukupnya



Cara membuat :
Bawang merah dan putih yg sudah diiris2,
tumis sampai agak kekuningan,
kemudian masukkan telur yg sebelumnya sudah dikocok,
 masukkan beras ketan yg sudah dicuci bersih kedalam wajan.
Beri air sedikit, kira2 2 gelas kecil. Beri maggie blok, kalo suka, atau garam .
Aduk sampai rata, tutup, sama seperti kalau masak beras ketan biasa, kecilkan api.
 Setiap saat di bolak balik, maksudnya biar jangan sampe hangus.....ntar jadi makan ketan hangus.

Selamat mencoba.....

Ketan tumis