Postingan

Menampilkan postingan dari 2004

Klepon

Gambar
Iseng saza hari, pengen nyemil. Aku berkelana ke resep Ibu tetangga yg nun jauh disana..he..he, nemu resep klepon ( thanks berat Ka). Ya sutra gw coba aja, bahan udah lengkap. Hasilnya.........oke sekali, suami ampe berkali2 nyomot si ijo.



Ini dia hasilnya :





Kalio Ayam

Gambar
Mumpung ada ayam dan kebetulan lagi ngiler pengen makan kalio ayam. Aku masak ini aja, gak terlalu susah. Resepnya dapet dari Merry's kitchen nih.



Bahan:

1 ekor ayam muda ( aku pake paha ayam yg udah dipotong2 aja)
1 batang serai, dimemarkan
2 cm lengkuas (laos), dimemarkan
2 buah asam
1 helai daun kunyit
4 helai daun jeruk purut
3 gelas santan
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya



Bumbu yang dihaluskan:

8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
8 buah cabai merah
4 cm kunyit
6 butir kemiri



Cara Membuat:

Bersihkan ayam lalu potong menjadi 4 bagian.
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama serai, lengkuas, daun kunyit, daun jeruk dan garam secukupnya.
Setelah tercium aromanya, masukkan potongan ayam, asam dan santan.
Masak samoau ayam menjadi empuk and santan mengental/berminyak.
Angkat dan siap dihidangkan

Untuk 3-4 orang.

Pempek Palembang

Gambar
Bahan dasar pempek :

* 500 gram daging ikan (bisa juga pake fish paste, bisa dibeli di toko Asia, kalo di Belanda banyak di toko Cina)
* 10 sendok makan air es
* 6 sendok makan tepung terigu
* 300 gram tepung kanji
* 3 sendok teh garam
* 1/2 sendok teh vetsin ( kalo suka lho)



Bahan cuko :

* 250 gram gula merah
* 50 gram asam jawa
* 2 sendok teh cuka
* 750 ml air ( kalo aku kadang lebih, tergantung selera)
* 5 siung bawang putih, digeprak aja
* 2 sendok makan ebi, dihaluskan
* 10 buah cabe rawit ( tergantung selera, kalo aku udah cukup segitu)
* 1 sendok makan tongcai, di cincang halus
* 1 sendok teh garam.



Cara membuat :

1. Daging ikan yang belum dihaluskan, bisa dihaluskan dengan saringan ikan (kalo di Palembang namanya piri'an), tapi buat lebih praktis bisa juga diblender.
2. Setelah daging ikan halus, masukkan air es, garam, vetsin. Aduk sampai semua tercampur rata. Kemudian tambahkan tepung kanji dan tepung terigu sembari di uleni, hingga tidak menempel lagi ditangan.
3. Kemudian bentuk adonan se…

Asem-asem tempe

Gambar
Bahan-bahan :

5 buah bawang merah, diiris tipis
2 siung bawang putih, diirid tipis
3 buah cabe hijau, diiris kasar
2 buah cabe merah, diiris kasar
1 iris lengkuas
2 lembar daun salam
1 buah tomat, diiris kecil2

250 gr tempe, iris bentuk dadu
Garam secukupnya
1 sdm kecap manis
1 sdm minyak untuk menggoreng
500 cc air kaldu ( kalo gak ada, pake bumbu penyedap juga bisa)

Cara membuat :

1. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai hijau, cabai merah, lengkuas, daun salam, dan tomat sampai layu
2. Masukkan tempe, kasih garam, masukkan kecap dan kaldu, rebus sampai masak dan kuahnya tinggal sedikit
3. Angkat dan hidangkan



Untuk 5 porsi

Ketan tumis

Gambar
Bahan-bahan :

Beras ketan ( sesuaikan dgn keinginan, kalo aku cukup 3 gelas kecil)
3 siung bawang merah ( diiris )
3 siung bawang putih (diiris )
2 butir telor ayam ( kalo mau satu boleh, mau lebih juga boleh sesuai keinginan)
Garam secukupnya
Maggie blok secukupnya
Minyak untuk menggoreng secukupnya
Air secukupnya



Cara membuat :
Bawang merah dan putih yg sudah diiris2,
tumis sampai agak kekuningan,
kemudian masukkan telur yg sebelumnya sudah dikocok,
 masukkan beras ketan yg sudah dicuci bersih kedalam wajan.
Beri air sedikit, kira2 2 gelas kecil. Beri maggie blok, kalo suka, atau garam .
Aduk sampai rata, tutup, sama seperti kalau masak beras ketan biasa, kecilkan api.
 Setiap saat di bolak balik, maksudnya biar jangan sampe hangus.....ntar jadi makan ketan hangus.

Selamat mencoba.....