Resep Dessert dengan Es Teh Tape Ketan Hitam

Advertiser
Advertiser
 Anda tentu pernah mencoba jajanan pasar yang terbuat dari ketan hitam, seperti kue gemblong atau lupis ketan hitam. Tetapi, pernahkah Anda mencoba ketan hitam yang disajikan dalam minuman dessert? Penasaran? Mari kita membuat resep dessert Es Teh Tape Ketan Hitam berikut ini, yuk!
















Bahan-Bahan:

2 kantung Teh Celup
125 ml Air Mendidih
2 sdm Tape Ketan Hitam
1 sdm Gula Jawa yang sudah disisir halus
1 sdm Gula Pasir
1 ujung sdt Garam
75 ml Santan Matang
1 lembar Daun Pandan
Es Serut secukupnya
Cara Membuat:

Buat sirup teh terlebih dahulu dengan menyeduh Teh  dalam air mendidih bersama dengan gula jawa, gula pasir, dan sedikit garam.
Rebus santan dan daun pandan hingga matang, lalu diamkan beberapa saat hingga dingin
Siapkan gelas saji bermulut lebar.
Masukkan bahan-bahan ke dalam gelas sesuai urutan, mulai dari tape ketan hitam, santan, es serut, lalu siram dengan sirup Teh .
Beri hiasan dari potongan daun pandan di atasnya.
Es Teh Tape Ketan Hitam sudah siap disajikan.
Resep minuman dessert ini sangat sempurna dihidangkan sebagai makanan penutup. Aroma santan dan daun pandan yang kuat tentu akan menggugah selera. Ketika mencicipi Es Teh Tape Ketan Hitam, lidah Anda akan merasakan legitnya tape ketan hitam dan manis sedapnya sirup teh . Sekadar informasi, resep dessert Es Teh Tape Ketan Hitam ini sangat cocok dengan lidah orang Indonesia, lho. Jadi, Anda bisa menyajikan dessert ini saat pertemuan keluarga atau pesta.

Tahukah Anda bahwa beberapa bahan utama yang ada dalam resep dessert ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan? Salah satu contohnya adalah daun pandan. Daun yang memiliki aroma wangi ini dikenal dapat meredakan nyeri, seperti sakit kepala, nyeri dada, dan sakit telinga. Selain itu, pandan juga dapat diolah menjadi sirup obat batuk yang cukup efektif. Daun pandan juga dipercaya berkhasiat menurunkan demam tinggi. Terlepas dari semua manfaat yang terdapat pada daun pandan, tumbuhan yang satu ini sering digunakan untuk mengolah makanan karena memiliki aroma yang sangat harum.

Bahan lain yang digunakan dalam resep minuman dessert ini adalah ketan hitam. Kandungan serat pada ketan hitam cukup tinggi. Tak heran jika ketan hitam sering dikonsumsi untuk mencegah sembelit atau sekadar melengkapi menu diet sehat
Advertiser