Hangatkan Tubuh dengan Teh Segar Beras Kencur

Advertiser
Advertiser

Saat musim hujan datang, mengonsumsi minuman panas adalah cara yang paling tepat untuk menghangatkan tubuh. Wedang jahe atau teh panas mungkin sudah biasa. Kali ini Anda akan dibagi resep  minuman tradisional spesial untuk menghangatkan tubuh. Resep Teh Segar Beras Kencur ini bisa Anda buat pada saat musim hujan atau cuaca dingin.















Bahan-Bahan:

2 kantung Teh Celup  apa saja
250 ml Air
1 ruas jari Kencur
1 ruas jari Jahe
1 buah Cengkih
1 batang Kayu Manis dengan ukuran kurang lebih 2 cm
½ sdm (15 gr) Gula Jawa diiris halus
2 sdm Gula Pasir
½ sdt Air Jeruk Nipis
Seujung sdt Garam
1 sdm Beras
Irisan Jeruk Nipis untuk hiasan
Cara Membuat:

Seduh 2 kantung Teh Celup  apa saja di dalam 250 ml air mendidih selama 3-4 menit.
Rendam beras di dalam air selama 1 jam. Kemudian, tiriskan dan sangrai beras sampai warnanya kekuningan.
Masukkan beras, kencur, jahe, cengkih, gula jawa, kayu manis, gula pasir, garam, dan air teh ke dalam blender. Lalu, haluskan. Pada tahap akhir, tambahkan air jeruk nipis ke dalam blender.
Saring bahan-bahan yang sudah diblender ke dalam gelas saji.
Hias gelas dengan irisan jeruk nipis di atasnya.
Resep minuman tradisional ini menghasilkan 1 porsi Teh Segar Beras Kencur. Tambahkan bahan-bahan yang digunakan jika Anda ingin membuat lebih dari 1 porsi. Minuman ini sangat efektif untuk menghangatkan badan saat cuaca sedang dingin.

Tahukah Anda bahwa kencur sering digunakan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional? Salah satu rempah aromatik ini sering diseduh untuk mengatasi pilek. Selain itu, air rebusan kencur juga diklaim dapat membersihkan darah kotor yang terdapat di dalam tubuh.

Penderita radang lambung menggunakan kencur sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakitnya. Mereka mengunyah kencur untuk menyembuhkan penyakit gastritis tersebut. Campuran air seduhan kencur dan garam dipercaya dapat mengatasi rasa mulas di perut.

Selain kencur, jahe merupakan salah satu bahan yang ada di dalam resep Teh Segar Beras Kencur. Sejak jaman dahulu kala, jahe dianggap sebagai rempah alami yang dapat menghangatkan tubuh. Kombinasi kencur dan jahe dalam resep ini akan menghasilkan satu minuman tradisional  sehat yang bermanfaat untuk menghangatkan tubuh.

Yuk, coba resep ini untuk menyambut musim hujan
Advertiser