Resep Teh Pletok, Minuman Lezat Khas Betawi

Advertiser
Advertiser

Apakah Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman berenergi untuk mengembalikan stamina tubuh? Jika iya, apakah Anda sudah pernah mencoba minuman Teh Pletok? Minuman khas Betawi ini merupakan minuman berenergi alami yang sehat dan menyegarkan tubuh. Cara membuat minuman segar yang satu ini pun mudah. Yuk, langsung saja kita membuat Teh Pletok khas Betawi!



Bahan-Bahan:

2 kantung Teh Celup
6 buah Cengkih
10 cm Kayu Manis
2 lembar Daun Pandan yang diikat (disimpulkan)
3 sdm Gula Merah atau Gula Jawa
500 ml Air
Sejumput Secang
1 ruas Jahe Besar (2 buku ibu jari dan sudah dimemarkan)
Cara Membuat:

Rebus secang, daun pandan, kayu manis, cengkih, jahe, dan gula merah atau gula jawa di dalam air hingga mendidih.
Diamkan di atas api selama 3 menit. Kemudian, matikan api dan saring minuman ke dalam gelas.
Celupkan 2 kantung Teh  selama 1 menit, lalu diamkan selama kurang lebih 2 menit. Aduk minuman hingga rata.
Jika ingin diminum dalam keadaan dingin, tambahkan nata de coco dan es batu.
Teh Pletok siap disajikan.
Cara membuat minuman segar  khas Betawi ini cukup mudah, bukan? Teh Pletok bisa diminum dalam keadaan panas ataupun dingin. Minuman ini dapat membuat tubuh dan pikiran Anda jadi lebih segar sehingga siap untuk kembali beraktivitas.

Kayu manis merupakan bahan utama yang terdapat dalam resep minuman khas Betawi ini. Rempah ini dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, seperti kejang otot, diare, muntah, dan pilek. Kayu manis juga mampu mengembalikan nafsu makan yang hilang. Sebuah penelitian di Penn State membuktikan bahwa diet dengan kayu manis dapat mengurangi respon negatif tubuh terhadap makanan berlemak tinggi.

Selain kayu manis, cengkih juga merupakan bahan utama untuk membuat Teh Pletok. Cengkih merupakan rempah yang dapat diolah menjadi minyak. Nah, minyak cengkih tersebut memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari keracunan makanan.

Di tanah Betawi, Teh Pletok juga dikenal dengan nama Bir Pletok. Tenang saja, walaupun menggunakan kata ‘Bir’, minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Bahkan, minuman ini dikenal sebagai minuman penyegar yang menyehatkan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Apakah Anda tertarik mencicipinya? Yuk, coba buat di rumah!
Advertiser