Resep Rica Rica Belut Sedap Spesial

Advertiser
Advertiser
Belut merupakan sejenis ikan yang biasa hidup di perairan darat. Umumnya, belut mudah ditemukan di irigasi persawahan. Salah satu bumbu resep masakan dari belut yang enak adalah rica rica belut. Rasanya begitu sedap & spesial. Cara memasak belut juga cukup mudah.

Bumbu rica rica belut mirip dengan bumbu rica rica pada umumnya. Bandingkan dengan resep ayam suwir bumbu rica-rica pedas atau resep rica-rica daging sapi spesial. Hanya saja, perlu tambahan daun jeruk, untuk menghilangkan bau amisnya. Selain itu, yang perlu diperhatikan ketika mengaplikasikan cara memasak belut adalah pengolahannya sebelum dicampur dengan aneka bahan dan bumbu yang digunakan.

Sebelum dimasak bumbu rica rica, belut harus digoreng terlebih dahulu. Tujuannya supaya daging belut tidak mudah hancur ketika dimasak. Sebab, tekstur serat daging belut cukup lembut.


Bahan:
1. 800 gram belut, singkirkan bagian kepala dan ekornya, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera. Selain rica rica belut, juga dapat dimasak resep sayur mangut welut selera pedas atau resep belut goreng asam manis renyah.
2. 200 mililiter air putih.
3. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng dan menumis.


Bumbu:
1. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.
2. 6 lembar daun jeruk, singkirkan tulang daunnya. Tujuannya supaya tidak pahit ketika daun jeruk dimasak. Tips ini juga berlaku ketika Anda mengaplikasikan resep ikan bumbu kuning sedap daun jeruk maupun resep gulai cumi masak pedas dijamin sedap.

Bumbu yang harus dihaluskan:
1. 2 siung bawang putih.
2. 7 siung bawang merah.
3. 2 buah tomat merah.
4. Jahe seukuran 2 sentimeter.
5. 3 buah cabai merah keriting.
6. 3 buah cabai merah besar.
7. 4 buah cabai rawit merah.

Pelengkap:
1. 1 utas daun bawang, iris tipis.
2. 1 sendok teh bawang merah goreng.


Cara memasak rica-rica belut:
1. Balur belut dengan garam, lada putih bubuk, dan 0,5 sendok teh air jeruk nipis atau lemon, diamkan lebih kurang 15 menit supaya bau amisnya hilang dan bumbu meresap.
2. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng. Goreng potongan belut sampai matang, angkat, tiriskan, sisihkan.
3. Panaskan minyak sayur untuk menumis. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama daun jeruk sampai harum dan matang.
4. Tuangkan air putih dan masukkan garam, gula pasir, serta lada putih bubuk, masak sambil diaduk sampai meletup-letup, kecilkan api kompornya.
5. Masukkan belut yang sudah digoreng dan daun bawang, masak sambil sesekali diaduk sampai meresap, angkat.
6. Pindah ke wadah saji, taburkan bawang merah goreng, rica rica belut sedap dan spesial siap dihidangkan bersama resep perkedel rajungan sederhana enak bikin ketagihan serta resep minuman dingin sederhana & cara membuatnya.

Resep rica rica belut sedap spesial ini cukup untuk 8 porsi sedang. Salah satu dari aneka resep masakan dari belut ini sangat direferensikan sebagai menu makan siang atau malam. Tak hanya sebagai menu utama, rica rica belut juga cocok dijadikan sebagai menu pendamping aneka masakan tradisional.
Advertiser