Kuliner Jogja Paling Populer, Wajib Dicoba

Advertiser
Advertiser
Jalan-jalan tak lengkap rasanya bila tidak sembari berwisata kuliner. Maka dari itu, kalau berkesempatan mengadakan perjalanan wisata di Derah Istimewa Yogyakarta (DIY), jangan pernah melewatkan acara berburu aneka kuliner Jogja yang enak dan sudah sangat populer. Saking enaknya, aneka masakan tradisional Yogyakarta ini wajib dan haru dicoba.

Berikut daftar kuliner Jogja yang paling populer yang harus dicoba:

1. Gudeg

Sudah pasti kuliner Jogja yang harus Anda jajal pertama kali adalah gudeg. Ada dua jenis gudeg yang populer di DIY. Yaitu, gudeg nangka muda dan gudeg manggar. Dikut dari Resep Gudeg Spesial Paling Praktis, proses memasak gudeg cukup lama. Sebab, nangka mudu yang digunakan direbus bersama bumbu hingga bumbunya meresap.


Cara masak sperti itu juga berlaku untuk gudeg manggar. Dikutip dari Resep Gudeg Manggar, Kuliner Jogja Warisan Keraton, manggar (bunga pohon kelapa yang masih muda) dimasak hingga santan yang digunakan meresap bersama aneka bumbu. Keduanya bisa dihidangkan bersama resep opor ayam kampung spesial, resep sambal goreng krecek pedas spesial, resep tahu tempe bacem yang pasti enak, serta resep sambal tomat multi guna.


2. Oseng Mercon

Agenda wisata kuliner Jogja berikutnya adalah hunting oseng mercon. Ya, namanya memang terdengar aneh. Tapi, bukan mercon atau petasan sungguhan yang dimasak oseng. Penamaan ini hanya kiasan saja.


Dikutip dari Resep Oseng Mercon Tetelan Sapi, Kuliner Jogja yang Rasanya Susah Dilupakan,   disebut begitu lantaran rasa pedasnya seakan-akan meledak dimulut ketika dikunyah. Bagaimana tidak, perbandingan penggunakan cabai dengan bahan utama yang digunakan adalah 1:1. Maksudnya, bila daging yang dimasak sebanyak 1 kilogram, cabainya juga 1 kilogram.

Nah, itulah kuliner Jogja yang paling populer yang harus kalian coba bila berkesempatan mampir di Yogyakarta. Laporan tentang kuliner Jogja paling populer ini akan diperbarui sewaktu-waktu.
Advertiser