Resep Ayam Panggang Oven Spesial

Advertiser
Advertiser
Ayam panggang adalah salah satu resep masakan berbahan ayam utuh atau potongan ayam yang dimasak dengan cara dipanggang. Cara masak ayam panggang bisa menggunakan oven atau dipanggang dengan alat bakar konvensional. Oven yang digunakan juga bisa menggunkan oven konvensional atau oven listrik.

Rasa bumbu ayam panggang ini begitu kuat. Pasalnya, bumbu yang dicampurkan dengan ayam meresap hingga bagian dalam setelah melalui proses panggang dengan oven dalam jangka waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Berikut penjelasan selengkapnya tentang resep ayam panggang oven yang spesial.


Bahan untuk resep ayam panggang oven:
1. 1 ekor ayam (setara lebih kurang 1 kilogram) broiler atau negeri, potong dengan ukuran sesuai selera atau biarkan utuh.
2. 400 mililiter air putih.


Bumbu untuk resep ayam panggang oven:
1. 1,5 sendok teh kecap manis.
2. 1 batang serai, gunakan bagian putihnya saja, kemudian dimemarkan.
3. 1 sendok teh air jeruk nipis.

Bumbu yang dihaluskan:
1. 8 siung bawang putih.
2. 8 butir kemiri yang sudah disangrai.
3. 12 siung kemiri.
4. 1 buah tomat merah.
5. Jahe seukuran 2 sentimeter.
6. 1 sendok teh gula merah yang sudah disisir.
7. Garam dan lada putih secukupnya.


Cara masak ayam panggang oven spesial:
1. Balur potongan ayam dengan air jeruk nipis dan bumbu yang sudah dihaluskan, tusuk-tusuk permukaannya dengan garpu, diamkan lebih kurang selama 45 menit supaya bumbu meresap.
2. Rebus bersama 200 mililiter air putih, masak sampai air menyusut. Tambahkan sisa air putih, masak sampai matang, empuk, dan meresap, angkat.
3. Panggan di dalam oven selama 30 menit dengan suhu 180 derajat celcius, angkat.
4. Susun di wadah saji, ayam panggang oven yang spesial siap dihidangkan bersama resep sayur bening bayam kacang panjang praktis serta aneka sambal (ini daftar sambal ayam penyet paling populer).

Resep ayam panggang oven spesial ini cukup untuk 8 porsi. 
Advertiser