Resep Ikan Bakar Kecap Manis Lezat

Advertiser
Advertiser
Namanya boleh sama. Yaitu, ikan bakar kecap manis. Orang juga boleh mengklaim bahwa resep masakannya yang paling lezat. Tapi, resep ikan bakar kecap manis yang dibahas di blog Resep Masakan Idola inilah yang paling lezat.

Bukan tanpa alasan, semua resep makanan dan resep minuman yang ada di Resep Masakan Idola sudah teruji. Termasuk resep ikan bakar bumbu kecap manis yang dibahas berikut ini. Jadi, Anda tak perlu lagi ragu-ragu untuk mengaplikasikannya. Asal, semua bahan dan bumbu serta takarannya sudah sesuai dengan anjuran, dan mengukuti langkah cara memasaknya juga sudah tepat, maka hasilnya bakal memuaskan selera.

Untuk membuat ikan bakar kecap manis yang lezat, jenis ikan yang digunakan boleh apa saja. Syaratnya, ikan harus dalam kondisi masih segar. Tapi, bila sudah terlanjur beli ikan, kuasai trik menjaga kesegaran ikan sesaat setelah dibeli dan trik menjaga kesegaran ikan supaya lebih tahan lama. Nah, hal-hal semacam ini yang mungkin tak akan pernah Anda dapatkan bila membaca resep masakan di blog atau website lain. Maka, sudah tepat bila Anda mencari resep masakan apa saja di blog Resep Masakan Idola.

Adapun peralatan yang Anda harus siapkan, antara lain, tungku dan capitan anyaman besi untuk membakar ikan. Supaya rasanya lebih sedap, disarankan untuk menggunakan arang kayu atau batok kelapa untuk membakar atau memanggang.


Bahan ikan bakar kecap:
1. 700 gram ikan. Jenis ikan yang digunakan boleh apa saja. Misalnya, ikan gurame, ikan mas, ikan lele, ikan kerapu, ikan mujair, ikan badeng, atau yang lain. Hal ini juga yang dianjurkan pada resep ikan bakar madu spesial maupun resep ikan tim (kukus) kecap asin.
2. 75 mililiter air putih untuk melarutkan bumbu kecap.
3. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng dan mengoles.


Bumbu yang dihaluskan:
1. 4 siung bawang putih.
2. 8 siung bawang merah.
3. 2 sendok teh ketumbar.
4. 1 sendok teh garam.
5. Jahe seukuran 1 sentimeter.
6. 0,25 sendok teh lada putih.

Bumbu kecap:
1. 6 sendok makan kecap manis.
2. 1 sendok teh kecap ikan.


Cara membuat ikan bakar kecap manis yang lezat:
1. Balur ikan dengan garam, lada putih bubuk, serta 1 sendok teh air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit.
2. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng. Goreng ikan sampai matang, angkat, tiriskan, sisihkan.
3. Larutkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan air putih. Tambahkan kecap manis dan kecap ikan, aduk sampai larut. Gunakan untuk merendam ikan yang sudah digoreng, diamkan selama 15 menit.
4. Siapkan alat untuk membakar ikan. Oles dengan minyak sayur supaya tidak lengket. Bakar ikan sembari dioles sisa bumbu dan dibolak-balik sampai berubah warna menjadi gelap, angkat.
5. Susun di wadah saji, ikan bakar kecap manis lezat siap dihidangkan bersama resep sambal kecap pedas buat aneka menu serta resep sambal tempe ulek spesial kemangi plus teri.

Resep ikan bakar kecap manis lezat ini setara buat 3 porsi atau lebih.
Advertiser