Resep Rajungan Pedas Masak Kecap Manis dan Tauco

Advertiser
Advertiser
Ngomongin rajungan memang seperti tak ada habisnya. Pasti ada saja menu baru. Kali ini saya akan berbagi resep rajungan pedas yang dimasak dengan kecap manis dan tauco sebagai bumbu utamanya, selain cabai untuk memberikan rasa pedas pada masakan ini. 

Asal tahu saja, Sebelum resep rajungan masak kecap manis dan tauco, sudah ada resep perkedel rajungan sederhana enak bikin ketagihan dan resep rajungan pedas masak rica-rica spesial daun kemangi. Kedua resep masakan yang disebut belakangan itu juga menggunakan rajungan sebagai bahan utamanya. Soal citarasa, tentunya tak kalah dengan kelezatan dari resep gulai rajungan kuah merah maupun resep dan cara memasak rajungan asam manis spesial.

Ingin mencoba membuat rajungan pedas masak kecap manis dan tauco? Simak penjelasannya berikut ini hingga tuntas supaya hasilnya memuaskan.


Bahan:
1. 500 gram rajungan, masing-masing dipotong menjadi 2 bagian, goreng sampai berubah warna.
2. Minyak sayur secukupnya untuk menumis. 
3. 50 mililiter air putih.


Bumbu rajungan pedas masak kecap manis dan tauco yang harus dihaluskan:
1. 2 buah cabai merah keriting.
2. 2 buah cabai rawit merah.
3. Jahe seukuran 1 sentimeter.
4. 3 siung bawang putih.
5. 6 siung bawang merah.

Bumbu lain:
1. 4 sendok makan kecap manis.
2. 1 sendok makan tauco.
3. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.

Pelengkap:
1. 1 buah tomat merah, potong-potong.
2. 1 utas daun bawang, iris tipis.

gambar: rajungan pedas masak kecap manis dan tauco

Cara membuat rajungan pedas masak kecap manis dan tauco:
1. Panaskan minyak sayur untuk menumis. Tumis bumbu yang sidah dihaluskan sampai harum dan matang. Tambahkan kecap manis dan tauco, tumis sampai meletup-letup, kecilkan api kompornya.
2. Tuangkan air putih dan masukkan rajungan, masak sambil diaduk sampai tercampur rata. Tambahkan garam, gula pasir, lada putih bubuk, tomat, dan daun bawang, masak sambil diaduk sampai bumbu meresap, angkat.
3. Pindah ke wadah saji, rajungan pedas masak kecap manis dan tauco siap dihidangkan bersama resep sup ayam bola-bola spesial atau resep sayur bening bayam kacang panjang praktis.

Jangan langsung beranjak kalau sudah menguasai resepnya. Sebab, masih ada aneka masakan rajungan dan atau kepiting yang tak kalah nikmat. Seperti;
Advertiser