Resep Masakan Praktis: Ayam Goreng Tepung Renyah Sensasi Kejutan Keju

Advertiser
Advertiser
Tak perlu banyak memakai bumbu, daging ayam goreng dan keju selalu jadi sebuah sajian yang istimewa. Sensasi kelezatan menu ini, pun dapat menembus berbagai generasi. Tak peduli orang dewasa maupun anak-anak, ayam goreng yang dikombinasikan dengan keju selalu jadi menu favorit. Apalagi, bila diolah dengan cara yang spesial seperti resep masakan praktis ayam goreng tepung renyah sensasi kejutan keju berikut ini.

Tekstur luar dari resep masakan praktis ayam goreng tepung renyah sensasi keju ini benar-benar terasa renyah. Sebab, daging ayam telah dibalur dengan campuran berbagai bahan dengan tekstur yang renyah setelah digoreng. Bukan hanya tepung roti yang dipakai sebagai bahan untuk balur daging ayam sebelum masuk dalam proses penggorengan. Ada beberapa bahan lain yang dipakai untuk memaksimalkan tekstur renyah pada menu kuliner ini.

Saat digigit, orang yang memakan akan dibuat terkejut dengan sensasi gurih rasa keju di dalam daging ayam yang langsung lumer. Ini yang membuat resep masakan praktis ayam goreng tepung renyah sensasi kejutan keju begitu spesial.

Untuk mendapatkan sensasi kuliner yang seperti ini, tak dibutuhkan keahlian khusus. Proses pembuatannya begitu gampang dan tak butuh banyak waktu. Bahan yang dipakai juga pasti ada di toko swalayan atau pasar tradisional sekalipun. Makanya, resep menu ini disebut resep masakan praktis.

Bila ingin mencoba, silakan simak resep masakan praktis ayam goreng tepung renyah sensasi kejutan keju berikut ini. Penting juga menyimak tipsnya. Resep ini setara 4 porsi.


Bahan untuk membuat atau mengolah resep masakan praktis ayam goreng tepung renyah sensasi kejutan keju:
1. 4 potong dagian ayam bagian dada. Dibelah jangan sampai putus, dicuci bersih.
2. 6 siung bawang putih, dihaluskan.
3. Garam, gula pasir dan merica bubuk.
4. 250 gram keju quick melt, dipotong-potong bentuk korek api.
5. 100 mililiter krim susu kental
6. 1 sendok makan mentega atau margarin.
7. 6 helai daun seledri (gunakan daunnya saja), dicincang halus.
8. Minyak goreng yang cukup banyak untuk menggoreng.
9. 2 batang sosis ayam, dipotong kecil-kecil. Anda juga boleh menggantinya dengan sosis sapi atau daging cincang.
10. 500 gram tepung roti.
11. 2 butir telur ayam.
12. 200 gram kacang tanah goreng dan 200 gram kacang mede goreng, ditumbuk kasar.
13. Setengah siung bawang bombai, dirajang halus.
14. 100 gram parutan keju cheddar parut. Jumlah bahan ini boleh ditambah atau dikurangi sesuai selera.
15. Air secukupnya.
16. Yang menjadi menu masakan ini renyah adalah tepung roti yang ditambah dengan kacang-kacangan. Kalian juga dapat memakai bahan baluran lain.


Tips membuat atau mengolah resep masakan praktis ayam goreng tepung renyah sensasi kejutan keju:
1. Setelah digoreng balur ayam goreng dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.
2. Saat menggoreng ayam, selalu gunakan api kecil. Sebab, daging ayam masih dalam kondisi mentah dan relatif tebal, sehingga proses penggorengan butuh waktu yang relatif lama.
3. Selain sosis, kalian juga boleh menambahkan bahan lain seperti wortel atau yang lain.

gambar: resep maskan praktis ayam goreng tepung renyah sensasi kejutan keju

Cara membuat atau mengolah resep masakan praktis ayam goreng tepung renyah sensasi kejutan keju:
1. Tahap mengolah capuran keju: Panaskan margarin atau mentega, tumis bawang bombai hingga harum. Tambahkan sosis, tumis hingga sosis berubah warna. Masukkan daun seledri gula pasir, garam dan merica bubuk, tumis hingga semua bahan tercampur, matikan apinya. Kemudian masukkan keju quick melt.
2. Larutkan bawang putih yang telah dihaluskan dengan air. Tambah dengan garam dan merica bubuk, aduk hingga rata. Gunakan untuk merendam daging ayam bagian dada. Rendam selama lebih kurang 10 menit. Setelah itu, ambil daging ayam bagian dada, letakkan campuran keju di bagian tengah permukaan daging dada ayam. Lipat sisi dalam daging ayam ke arah campuran keju, kemudian gulung hingga rapat, sisihkan.
3. Tahap mengolah bahan balur: Kocok telur ayam di dalam wadah permukaan datar (piring). Ambil wadah permukaan datar yang lain, tuangkan tepung roti, kacang tanah dan kacang mede yang telah ditumbuk. Aduk ketiga bahan itu hingga tercampur rata.
4. Celupkan daging ayam yang telah diisi campuran keju ke dalam telur kocok. Angkat, balur dengan campuran tepung roti, kacang tanah dan kacang mede hingga merata.
5. Goreng menggunakan minyak goreng dengan api kecil hingga berwarna kuning kecokelatan, angkat, tiriskan.
6. Letakkan di wadah saji, taburi dengan keju cheddar parut.
7. Sajikan ayam goreng tepung renyah sensasi kejutan keju dengan kentang goreng. Simak juga resep ayam tangkap enak khas masakan Aceh serta resep ayam masak jahe sederhana.

Adapun resep masakan praktis: ayam goreng tepung sensasi kejutan keju ini setara buat 4 porsi.
Advertiser