Lorem

Ini Cara Sehat: Trik Mengembalikan Kerenyahan Cemilan, Tanpa Menggoreng

Mungkin hampir setiap hari kita mengonsumsi cemilan, seperti kacang goreng, pangsit, keripik atau jenis camilan lain yang punya tekstur renyah dan crispy. Cemilan jenis tersebut biasanya dimasak dengan cara digoreng. Tekstur yang demikian, membuat banyak orang yang ketagihan. Bila tak serenyah itu, mana mungkin banyak orang yang mau mengonsumsinya.

Semua cara dilakukan untuk menjaga cita rasa renyah. Bahkan, kita juga tak segan-segan menyediakan sedikit waktu dan merogoh kantong untuk membeli wadah-supaya renyah cemilan tetap terjaga-di pasar hingga super market.
Perlu diketahui, musuh utama yang mengancam cita rasa renyah berbagai macam menu cemilan tersebut adalah suhu udara. Bila terpapar udara dengan suhu normal sebauh ruangan umum, tentunya cemilan akan kehilangan sensasi tekstur renyah. Di samping itu, cemilan juga menjadi mudah basi dan berbau tak sedap lagi. Kalau sudah begitu, biasanya cemilan langsung masuk tong sampah.

Sebenarnya, bila digoreng lagi, kerenyahan cemilan yang sudah tidak renyah bisa jadi renyah kembali. Tapi, sayangnya banyak orang yang enggan melakukannya. Selain harus meluangkan waktu, hasil akhirnya biasanya tak menarik lagi. Meski tekstur renyah telah kembali, tapi penampilannya jadi tak menarik karena warnanya jadi lebih pekat setelah digoreng kembali. Belum lagi dengan masalah cemilan yang menjadi sarat minyak.


Perlu diketahui, di tempat industri pengolahannya, biasanya perajin camilan memakai mesin blower untuk meniriskan minyak. Hasil dari penirisan minyak memakai mesin itu lebih maksimal ketimbang dengan cara manual (meletakkanya di atas tisu).

Belum lagi, isu kesehatan yang menyebut-nyebut bahwa makanan yang berminyak memiliki risiko tinggi memicu munculnya serangan jantung, hipertensi hingga kolesterol.

Tapi jangan khawatir, ada satu trik sehat yang dapat mengembalikan kerenyahan camilan yang telah hilang, tanpa harus menggoreng. Bila camilan di rumah ada yang tidak renyah, jangan buru-buru dibuang atau digoreng. Kembalikan kerenyahannya dengan trik ini:
  1. Ambil camilan yang sudah tak renyah.
  2. Masukkan ke dalam kantung plastik.
  3. Ikat, tapi jangan terlalu kuat. Biarkan suhu udara bisa masuk.
  4. Masukkan ke dalam lemari es atau kulkas (bukan di bagian freezer).
  5. Biarkan di dalam kulkas hingga 1-2 hari.
  6. Setelah itu, ambil dan dicicipi, niscaya cemilan yang tadinya tidak renyah talah jadi renyah kembali.

    Trik ini tidak mengubah rasa serta aroma camilan. Trik ini dapat Anda terapkan juga pada resep peyek udang renyah spesial serta resep keripik usus ayam renyah membuat tak bisa berhenti mengunyah. Dan, pastinya trik ini lebih sehat ketimbang harus menggoreng lagi.