Lorem

Resep Bebek Goreng Siram Sambal Balado Spesial

Siapa yang tak doyan daging bebek goreng? Mungkin akan banyak orang yang menjawab suka. Bila diolah dengan benar, resep bebek goreng bisa menjadi sebuah menu yang sangat menggoda selera. Tektur dagingnya yang kuat dan cita rasanya yang gurih membuat siapa saja ingin segara menyantapnya. Seperti resep bebek goreng siram sambal balado spesial yang akan kita bahas berikut ini. Resep ini mengolah daging bebek yang dimasak dengan cara digoreng, kemudian disiram dengan sambal balado yang spesial. Adapun sambal balado adalah sebuah menu masakan yang terbuat dari campuran cabai merah, bawang putih, bawang merah dan berbagai bahan lain. Cita rasa yang menonjol pada menu masakan ini adalah pedas.

Memang tidak mudah mengolah daging bebek hingga menjadi bebek goreng yang lezat dan sedap. Salah-salah, bebek goreng bisa saja menjadi suatu masakan yang dihindari banyak orang lantaran bau amis. Bau amis pada bebek memang lebih kuat ketimbang daging jenis unggas lain.

Tapi, jangan khawatir. Bila Anda menerapkan resep bebek goreng siram sambal balado spesial ini, dijamin bau amis yang menggangu itu bakal hilang dengan sendirinya. Kenapa? Karena menu kuliner khas nusantara (Indonesia) ini memakai beragam jenis rempah. Bau rempah yang kuat mampu mengusir bau amis pada daging bebek. Soal cita rasa, resep yang satu ini pantas dijadikan sebagai sebuah referensi yang dapat diandalkan.

Mau tahu rempah apa saja yang digunakan? Simak resep bebek goreng siram sambal balado spesial berikut ini. Penting juga menyimak tipsnya. Resep ini setara 4 porsi.


Bahan untuk membuat atau mengolah resep bebek goreng siram sambal balado spesial:
1. 1 ekot bebek, potong menjadi 4 bagian, cuci bersih.
2. 5 siung bawang putih.
3. 8 siung bawang merah.
4. Kunyit seukuran 2 ruas jari.
5. 1 batang serai, dimemarkan.
6. 4 lembar daun jeruk.
7. 2 lembar daun salam.
8. Garam, merica dan gula pasir secukupnya.
9. Jahe seukuran 2 ruas jari.
10. Lengkuas seukuran 1 ruas jari.
11. 1 sendok makan ketumbar.
12. 1 butir kemiri, disangrai atau dibakar.
13. Sambal balado secukupnya.
14. 4 utas daun bawang, potong-potong.
15. 700 mililiter air.
16. Minyak goreng dalam jumlah cukup banyak.
17. Bawang goreng secukupnya.
18. Mentega secukupnya.


Tips membuat atau mengolah resep bebek goreng guyur sambal balado:
1. Setelah dicuci, balur daging bebek dengan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amis.
2. Selalu gunakan minyak yang benar-benar panas saat menggoreng daging bebek yang telah direbus agar hasilnya renyah.


Cara membuat atau mengolah resep bebek goreng guyur sambal balado:
1. Haluskan bawang putih bersama bawang merah, kunyit, garam, merica, gula pasir, jahe, lengkuas, ketumbar dan kemiri. Tumis memakai minyak goreng hingga harum. Masukkan serai, daun jeruk dan daun salam, aduk hingga ketiga bahan itu layu. Setelah itu masukkan air dan daging bebek. Rebus hingga semua airnya mengering, angkat, sisihkan.
2. Panaskan mentega di wajan, tumis sambal balado dan daun bawang hingga tercampur rata (daun bawang menjadi layu), matikan api kompornya.
3. Goreng daging bebek yang dengan minyak yang benar-benar panas hingga berwarna kuning kecokelatan, angkat, tiriskan.
4. Susun bebek goreng di wadah saji, siram dengan sambal balado yang telah ditumis dengan daun bawang.
5. Taburi dengan bawang goreng, bebek goreng siram sambal balado spesial siap disajikan dengan nasi putih hangat. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep nasi bebek khas Madura serta resep bebek cabai hijau paling praktis.

Adapun resep bebek goreng siram sambal balado spesial ini setara buat 4 porsi atau lebih.