Lorem

Cara Ini Lebih Simpel: Trik Membuat Masakan Tetap Sedap & Lezat Tanpa MSG (Part 2)

Yang akan dibahas berikut ini adalah bagian kedua dari trik membuat masakan tetap lezat dan sedap tanpa memakai MSG (monosodium glutamate). Pada bagian ini, proses pengolahan bahan yang digunakan sebagai trik membuat masakan tetap sedap dan sehat, lebih simpel (sederhana). Proses pengolahannya tidak begitu rumit. Dan, yang paling penting adalah bahan yang dipakai relatif aman bagi kesehatan ketimbang tetap memilih pakai MSG sebagai penguat rasa gurih pada menu masakan.

Pastinya setiap orang pernah memakan menu berbahan daging. Bahan ini mempunyai cita rasa yang begitu gurih. Apalagi, pada bagian tertentu, seperti iga dan buntut (lembu atau kambing). Cita rasa gurih semakin pekat tersembunyi di bagian sunsum pada tulang lembu atau kambing bahkan ayam sekalipun.

Nah, sejumlah bahan tersebut sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk menggantikan peranan MSG dalam memberikan cita rasa gurih yang kuat di dalam suatu menu masakan. Tapi, bagaimana cara mengolah bahan-bahan tersebut agar dapat dimanfaatkan sebagai penguat cita rasa gurih pada setiap menu masakan?


Berikut ini caranya:
  1. Siapkan 1 kilogram tulang lembu (usahakan pakai bagian dengkul), cuci bersih. Anda juga boleh menggantinya dengan daging kambing atau tulang kambing, daging ayam atau juga daging lembu. Tapi dari sejumlah bahan tersebut, bagian tulang lembu atau kambing yang paling pekat mengandung cita rasa gurih. Bila Anda memakai daging, balur daging dengan air jeruk nipis terlebih dahulu sebelum diproses lebih lanjut agar bau amis berkurang, diamkan selama beberapa menit.
  2. 3 batang wortel.
  3. 6 helai daun bawang, potong-potong dengan ukuran agak besar.
  4. 4 helai daun selederi, gunakan juga bagian batangnya, dirajang kasar.
  5. 4 siung bawang putih, dimemarkan, dirajang kasar.
  6. 2 liter air.
  7. Garam dan gula pasir secukupnya. Fungsi kedua bahan tersebut untuk mempertajam cita rasa gurih. Jadi gunakan sedikit saja.
  8. Masukkan air ke dalam panci rebus bersama semua bahan. Rebus hingga airnya menyusut kira-kira menjadi setengahnya (1 liter).
  9. Matikan api kompornya. Saring hasil rebusan. Air hasil saringan simpan ke dalam wadah tertutup (botol).
  10. Sekarang Anda sudah punya bahan penguat rasa gurih pengganti MSG tanpa harus khawatir akan isu negatif soal kesehatan.
  11. Bahan ini dapat ditambahkan pada setiap makanan, baik itu resep masakan yang diolah dengan cara ditumis, direbus maupun digoreng. Anda tinggal menambahkan bahan itu dengan takaran sesuai selera pada setiap masakan yang Anda buat.

    Sebenarnya, tak hanya daging hewan yang hidup di darat saja yang bisa diolah sehingga dapat menggantikan peranan MSG dalam memperkuat cita rasa gurih pada setiap masakan. Ikan pun bisa. Tapi, bukan semua jenis ikan dapat diolah menjadi bahan aman pengganti MSG. Hanya saja, yang terpenting adalah bahan berupa salah satu jenis ikan ini jauh lebih murah daripada daging atau dengkul lembu. Perlu diketahui, ada segudang masakan yang dapat dimasak dengan menerapkan trik ini. Misalnya, resep mie pangsit kuah ala chinese food, resep tumis brokoli saus tiram, resep mie ayam bangka enak menggoda selera, resep bistik daging sapi spesial dan praktis, serta resep kering teri kacang spesial. Intinya adalah semua masakan yang menggunakan air. Jadi, trik ini dapat diaplikasikan ke hampir semua masakan.