Roti Tawar Isi Ceplok Telur Saus Orange (Resep Masakan Praktis)

Advertiser
Advertiser
Satu lagi menu buat Anda yang tak punya banyak waktu untuk menyiapkan menu sarapan. Tak sebatas itu, menu ini juga dapat dijadikan sebagai pengganjal perut sebelum waktu makan siang tiba. Proses pengolahan menu ini hanya membutuhkan waktu lebih kurang 5 menit. Oleh sebab itu, sajian kuliner ini bisa juga digolongkan ke dalam resep masakan praktis. Syaratnya, semua bahan sudah ada di kulkas.

Jangan salah menafsirkan saus orange pada resep roti tawar isi ceplok telur saus orange ini. Disebut saus orange bukan lantaran terbuat dari air jeruk atau jus orange. Tapi, bila tertarik memakai air jeruk atau jus orange, disarankan dipakai sebagai resep minuman pendamping menu sarapan pagi ini saja.

Selain lezat, yang jelas resep roti tawar isi ceplok telur saus orange ini sudah tentu penuh gizi. Selain itu, menu ini sudah pasti membuat perut menjadi cukup kenyang.

Tak ingin ribet menyiapkan menu sarapan pagi? Simak resep roti tawar isi ceplok telur saus orange berikut ini. Penting juga membaca tipsnya. Resep ini setara 4 porsi.


Bahan untuk memasak atau mengolah resep roti tawar isi ceplok telur saus orange:
1. 8 lembar roti tawar.
2. 4 butir telur ayam atau bebek.
3. 100 gram keju parut.
4. 4 lembar selada air, dicuci bersih. Jumlah slada boleh ditambah atau dikurangi sesuai selera.
5. Saus cabai atau saus tomat secukupnya.
6. Mayones secukupnya.
7. Mustard secukupnya.
8. Garam secukupnya.
9. Gula pasir secukupnya.
10. merica bubuk secukupnya.
11. Mentega secukupnya.
12. 100 gram daging cincang.
13. 1 siung bawang putih, dicincang halus.


Tips membuat atau mengolah resep roti tawar isi ceplok telur saus orange:
1. Buang bagian tepi dari roti tawar yang berwarna gelap. Bagian tepi dari roti tawar yang berwarna gelap akan mengurangi penampilan akhir menu ini saat disajikan.
2. Bahan daging yang ada pada resep ini boleh diganti dengan sosis atau daging asap, bergantung selera masing-masing.
3. Disarankan menambahkan sedikit minyak wijen ke dalam saus orange bila ada. Bahan ini membuat cita rasa saus orange lebih lezat.


Cara memasak atau mengolah resep roti tawar isi ceplok telur saus orange:
1. Panaskan mentega secukupnya untuk menumis bawang putih. Tumis bawang putih hingga harum.
2. Masukkan daging cincang, tambahkan garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya. Tumis hingga daging cincang matang, angkat, sisihkan
3. Ceplok telur dengan mentega secukupnya. Tambahkan garam dan merica bubuk, goreng hingga matang atau setengah matang (sesuai selera).
4. Panaskan mentega di wajan datar.
5. Olesi permukaan sisi roti tawar dengan mentega. Panggang di wajan datar, dibolak-balik hingga kedua sisi roti tawar berubah warna, angkat, sisihkan.
6. Tahap membuat saus orange: Campur mayones, saus tomat atau saus cabe dan mustard, tambah dengan sedikit garam dan merica bubuk. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
7. Bungkus daging cincang yang telah matang dengan selada air. Letakkan di atas permukaan roti tawar yang telah dipanggang.
8. Tuangkan saus orange di atas selada air. Ambil ceplok telur, letakkan di atasnya.
9. Tutup dengan roti tawar yang lain.
10. Roti tawar isi ceplok telur saus orange siap disajikan dengan kentang goreng. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep roti goreng isi daging dengan telur dadar serta resep sarapan super praktis dan sehat 5.

Adapun roti tawar isi ceplok telur saus orange (resep masakan praktis) ini setara buat 2 porsi atau lebih.
Advertiser