Ketan Mangga Saus Santan

Advertiser
Advertiser
Bosan juga ya sepertinya kalau makan ketan selalu dengan kelapa parut, serundeng (kepala parut yang disangrai dan diberi bumbu), abon (daging yang disuir-suir hingga halus, kemudian diberi bumbu) , atau kinca (gula jawa yang dicairkan). Padahal, bila dikombinasikan dengan buah-buahan, ketan bisa menjelma menjadi sebuah sajian yang kaya rasa. Mangga, misalnya. Salah satunya seperti resep mangga saus santan ini yang akan dibahas berikut ini. Buah mangga yang memiliki cita rasa segar, manis dan terkadang sedikit asam, sangat cocok dipadukan dengan ketan yang memiliki tekstur yang legit.

Ditambah dengan saus santan, rasanya pasti makin mantap. Cita rasa santan yang gurih sangat pas dipadukan dengan tekstur ketan yang legit. Apalagi, ditambah dengan kinca. Tapi, kinca yang dipakai sedikit berbeda dengan yang biasanya. Selain manis karena terbuat dari gula jawa (merah), kinca pada resep ini punya sensasi rasa asam yang segar juga.

Tergiur mencicipi? Simak resep masakan praktis ketan mangga saus santan berikut ini. Penting juga membaca tipsnya.


Bahan untuk membuat atau mengolah resep ketan mangga saus santan:
1. 400 gram ketan yang sudah matang.
2. 2 helai daun pandan, masing-masing dipotong menjadi 3 bagian.
3. Pewarna atau perasa daun pandan secukupnya.
4. 350 mililiter santan kelapa kental
5. 1 buah mangga, kupas kulitnya, dipotong kecil-kecil bentuk dadu.
6. 100 gram gula jawa (merah).
7. Air secukupnya.
8. 1 sendok makan air asam jawa.
9. Garam secukupnya.
10. Gula pasir secukupnya.
11. Setengah sendok makan tepung tapioka. Ini sebagai bahan pengental.


Tips membuat atau mengolah resep ketan mangga saus santan:
1. Setelah ketan, saus santan dan kinca selesai dimasak, jangan langsung dipakai. Tunggu hingga suhunya normal. Sebab, masakan ini lebih pas disantap dalam kondisi dingin.
2. Saat membuat saus santan, disarankan untuk diaduk perlahan secara terus menerus agar santan tidak pecah.
3. Buah mangga pada resep ini bisa diganti atau ditambah dengan jenis buah lain, seperti kismis, asinan tomat cerry atau yang lain.


Cara membuat atau mengolah resep ketan mangga saus santan:
1. Tahap mengolah santan: Panaskan santan, tambahkan garam dan gula pasir secukupnya, daun pandan dan pewarna atau perasa daun pandan, aduk terus terus secara perlahan hingga matang. Setelah matang atau mendidih, tuangkan tepung tapioka yang sebelumnya telah dilarutkan dengan 3 sendok makan air. Aduk hingga santan mengental, angkat, sisihkan.
2. Tahap mengolah kinca: Rebus 50 mililiter air bersama gula jawa (merah) dan 2 sendok makan gula pasir. Aduk hingga semua bahan tercampur dan mendidih. Tambahkan air asam jawa, aduk sebentar, angkat sisihkan.
3. Siapkan gelas bening berukuran sekitar 50 mililiter air. Masukkan satu sendok makan ketan, lalu ditekan, tapi jangan dipadatkan. Penekanan ini hanya untuk memberikan ruang untuk bahan yang lain.
4. Masukkan satu sendok makan santan dan tambahkan buah mangga di atasnya.
Siram dengan kinca.
5. Masukkan ke dalam kulkas selama lebih kurang 20 menit, keluarkan, ketan mangga saus santan siap disantap. Pertimbangkan juga untuk mencoba cara membuat saus santan segar manis gurih serta cara membuat serabi rasa original.

Adapun resep ketan mangga saus santan ini setara buat 4 porsi atau lebih.
Advertiser