Cara membuat saus santan segar manis gurih

Advertiser
Advertiser
Untuk mengetahui cara membuat serabi rasa original, Anda juga harus mengetahui cara membuat santan segar manis dan gurih. Sebab, makan serabi rasanya belum sempurna bila tidak didampingi dengan saus santan. Tapi, saus itupun belum cukup sempurna bila tidak ada saus kinca yang memiliki rasa manis yang absolut.

Seperti yang telah dijelaskan pada cara membuat serabi, makanan ini merupakan satu dari sekian banyak resep masakan Indonesia. Tapi, bukan sebagai makanan utama. Fungsinya adalah sebagai cemilan. Umumnya, serabi disajikan bersama saus santan dan saus gula merah (sering disebut saus kinca). Kedua saus tersebut memiliki peran yang penting. Pasalnya, kedua saus tersebut akan memperkaya rasa, tekstur serta keunikan rasa serabi secara keseluruhan.


Berikut ini adalah cara membuat saus satan yang segar, manis dan gurih sebagai pendamping serabi rasa original:
1.   400 ml santan dari 1/2 butir kelapa.
2.   75 gram gula pasir.
3.   2 lembar daun pandan.
4.   Garam secukupnya.


Tips membuat saus santan yang segar, manis dan gurih sebagai pendamping serabi rasa original:
1.   Saat merebus santan hingga matang, jangan berhenti mengaduknya secara perlahan. Hal ini bertujuan untuk menjaga santan supaya tekstur santan tidak pecah.
2.   Jumlah santan yang dipakai untuk membuat santan boleh disesuaikan kebutuhan. Sedangkan bahan lain yang dibutuhkan, jumlahnya menyesuaikan jumlah santan yang dimasak.

gambar: saus santan segar manis gurih

Cara membuat saus santan yang segar, manis dan gurih:
1.   Rebus santan bersama daun pandan, aduk perlahan sampai menguap.
2.   Masukkan gula pasir dan garam, aduk perlahan sampai kedua bahan tersebut larut menjadi satu, matikan api kompornya.
3.   Saus santan sudah siap untuk dijadikan sebagai pendamping makan serabi. Tapi, sebelum itu, Anda juga harus menguasai cara membuat saus gula merah atau kinca. Adapun cara membuatnya dapat Anda simak pada resep ketan mangga saus santan atau resep bubur mutiara spesial (sajian berbuka puasa praktis).

Selain cocok dimakan dengan serabi, saus santan juga cocok disajikan untuk pelengkap resep bubur mutiara spesial dan resep bubur ubi spesial manis legit.
Advertiser