Lorem

Trik Memanggang Daging Agar Terasa Lebih Gurih

Pada dasarnya daging sapi atau kambing memiliki cita rasa gurih. Tapi, bila tak tahu cara mengolahnya, cita rasa gurih itu bisa jadi tak akan muncul. Sayang bila setelah dimasak daging yang harganya relatif mahal itu masih saja menebar bau anyir. Kalau sudah begitu, mau dimasak dengan bumbu yang enak sekalipun, mungkin tak akan banyak yang akan menyentuh apalagi memakannya. Nah, kali ini yang akan dibahas adalah trik memanggang daging agar terasa lebih gurih.

Perlu diketahui, mengolah daging itu sebenarnya tidak mudah. Diperlukan trik khusus dalam pengolahannya agar rasanya mampu menggoda selera. Diolah dengan cara dipanggang, misalnya.


Memanggang daging tidak asal memanggang. Apalagi bila ingin menonjolkan cita rasa gurih tanpa harus memakai banyak bumbu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pemanggangan. Tingkat kematangan daging pada bagian luar dan dalam juga harus diperhatikan. Tak sebatas itu, ada beberapa hal yang harus diterapkan usai proses pemanggangan agar cita rasa gurih semakin mantap.


Simak trik memanggang daging agar terasa lebih gurih:
  1. Siapkan 250 kilogram daging khas dalam dengan ketebalan sekitar 2,5 centimeter, cuci bersih. Ukuran daging bergantung pilihan Anda. Tapi, disarankan jangan terlalu tebal karena akan sangat sulit matang sempurna.
  2. Lumuri daging dengan air jeruk nipis, diamkan hingga 10 menit. Ini untuk menghilangkan bau anyir.
  3. Untuk memberi rasa, lumuri dengan garam halus dan merica bubuk secukupnya pada seluruh permukaan daging. Diamkan selama lebih kurang 10 menit.
  4. Setelah itu panggang daging di wajan datar dengan 1 sendok makan margarin atau mentega. Panggan hingga sisi atas dan bawahnya berubah warna.
  5. Buat posisi wajan miring.
  6. Tambahkan 1 sendok makan mentega atau margarin lagi.
  7. Tunggu hingga semua mentega atau margarin yang berada di sisi terendah pada bagian wajan mencair.
  8. Kecilkan api kompornya.
  9. Siramkan mentega cair ke atas permukaan daging.
  10. Lakukan hal serupa pada sisi daging yang lain.
  11. Kontrol api agar daging tidak sampai gosong.
  12. Siramkan mentega atau margarin ke daging hingga mentega atau margarin cair meresep ke seluruh bagian daging.

    Nah, dengan cara atau trik memanggang daging seperti ini, cita rasa gurih dari daging akan semakin kuat. Setelah dipanggang diamkan daging untuk beberapa saat (lebih kurang 1-2 menit). Ini untuk mengistirahatkan daging supaya sari-sarinya tidak keluar saat diiris atau dipotong.