Lorem

Trik Mengawetkan Makanan Tanpa Bahan Pengawet Berbahaya

Terkadang kita sering dibuat pusing tentang bagaimana cara mempertahankan makanan supaya tidak mudah basi. Terutama makanan yang memiliki kuah, seperti sup atau masakan lain yang memakai kuah santan. Kalau ingin mudah, tinggal menambahkan bahan pengawet kimia atau menghangatkan sesering mungkin. Yang jadi masalah, itu bukan cara yang aman buat kesehatan. Bila kalian mengetahui rahasianya, sebenarnya ada trik untuk mengawetkan makanan yang tidak merugikan kesehatan sama sekali. Sebab, cara ini dilakukan tanpa menambahkan bahan pengawet yang umumnya berbahaya buat kesehatan.

Ingin tahu triknya? Berikut ini trik mengawetkan makanan tanpa bahan pengawet.


1. Simpan makanan di dalam kulkas

Menyimpan makanan adalah cara yang sangat ampuh untuk mengawetkan makanan. Tak peduli makanan itu memiliki kuah atau tidak. Keawetan semuanya bisa terjaga dengan baik. Trik ini akan bekerja dengan baik bila suhu kulkas diatur pada posisi suhu sedang hingga terendah.

Supaya lebih rapi dan tidak banyak memakan ruangan, simpan sayur atau makanan di dalam wadah plastik tertutup. Tidak disarankan menyimpan makanan di dalam kantung plastik. Sebab, kantung plastik mengandung senyawa yang berbahaya buat kesehatan.


2. Simpan di dalam alat penghangat nasi

Trik yang kedua ini juga cukup efektif menjaga keawetan makanan. Tak peduli makanan kering atau basah (memiliki kuah). Semuanya akan awet selama disimpan di dalam alat penghangat nasi.

Bila kalian memakai trik ini, disarankan untuk memakai alat penghangat nasi yang berkualitas baik. Sebab, ada juga alat penghangat nasi yang tidak berfungsi dengan baik setelah makanan disimpan di dalamnya lebih dari 1 hari. 

Nah, sekarang kalian tidak perlu pusing lagi menyimpan makanan supaya keawetannya tetap terjaga. Trik semacam ini dapat Anda terapkan untuk aneka masakan. Misalnya, resep ungkep ayam bakar lezat serta resep lele bakar sederhana paling enak. Dengan begitu, makanan yang Anda miliki tidak sia-sia bila masih tersisa karena masih bisa dinikmati esok hari.