Resep Mie Ayam Jamur Menggoda Selera

Advertiser
Advertiser

Kalau ingin membuat mie ayam jamur yang menggoda selera, mungkin Anda harus mengaplikasikan resep masakan peranakan yang satu ini. Pada resep ini juga dibahas bahan rahasia yang harus dipakai supaya rasanya benar-benar spesia.

Mie ayam jamur yang merupakan masakan peranakan ini akan semakin istimewa bila ditambah dengan pangsit dan bakso. Tak perlu repot membuat sendiri, dua bahan tersebut dapat dibeli di pasar atau super market.

Kuah dari mie ayam jamur sungguh segar. Sebab, bumbu untuk kuahnya sangat minimalis. Supaya rasanya tajam, Anda bisa menambahkan saus sambal, kecap manis, dan sambal cabai rawit merah yang digerus kalau memang menginginkan rasa yang lebih pedas.


Bahan:
1. 500 gram mie telur (ini resep masakan praktis: resep mie, bekal membuat masakan bebahan dasar mie), rebus sampai kenyal, tiriskan.
2. 200 gram daging ayam, potong-potong.
3. 200 gram jamur kancing, potong-potong.
4. Minyak ayam (selengkapnya ada pada resep mie ayam sedap & lezat: ini rahasianya) secukupnya. Bahan ini harus digunakan supaya mie ayam jamur yang Anda buat rasanya menjadi semakin lezat dan sedap.
5. Larutan tepung sagu yang dibuat dari 1 sendok makan tepung sagu dan 1 sendok makan air putih.
6. Air putih secukupnya.
7. Minyak sayur secukupnya untuk menumis.


Bumbu:
1. 7 siung bawang putih, dimemarkan.
2. 6 sendok makan kecap manis.
3. 3 sendok makan saus tiram.
4. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.
5. 1 siung bawang bombay, iris tipis.
6. Jahe dimemarkan seukuran 2 ruas jari kelingking.

Pelengkap:
1. 50 gram tauge, seduh dengan air panas.
2. 50 gram sawi, seduh dengan air panas, potong-potong.
3. Bawang merah goreng diremah kasar.
4. Daun bawang, iris tipis.
5. Bakso (selengkapnya ada pada resep bakso urat sapi hati-hati ketagihan).
6. Pangsit goreng.


Cara membuat mie ayam jamur menggoda selera:
1. Rebus 1 liter air kaldu ayam sampai mendidih. Sembari menunggu mendidih, tumis 2 siung bawang putih dan jahe sampai harum. Masukkan ke dalam rebusan air kaldu. Tambahkan garam dan lada putih bubuk, masak sampai mendidih, sisihkan.
2. Panaskan minyak sayur untuk menumis. Tumis 5 siung bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan daging ayam dan jamur, tumis sampai setengah matang. Masukkan saus tiram, kecap manis, garam, gula pasir, dan lada putih bubuk, aduk sampai tercampur rata. Tuangkan air putih secukupnya, masak sampai mendidih. Tuangkan larutan tepung maizena, aduk sampai matang dan mengental, angkat, sisihkan.
3. Susun mie telur di mangkuk yang sudah diberi minyak ayam secukupnya, aduk rata. Tambahkan masakan ayam dan jamur serta bahan pelengkap. Mie ayam jamur yang menggoda selera siap dihidangkan bersama kuahnya. Selain itu ada juga resep misoa kuah pedas enak sederhana maupun resep mie ayam bangka enak menggoda selera.

Resep mie ayam jamur yang menggoda selera ini akan semakin istimewa dihidangkan bersama;
Advertiser