Trik Masak Cegah Diabetes


Tak peduli kaya atau miskin, tua atau muda, semuanya tak akan pernah lolos dari serangan diabetes bila tak bisa mengontrol kapasitas konsumsi gula tebu dalam tubuh. Ironisnya, setiap kali memasak, baik asin atau manis, selalu atau hampir harus memakai bahan manis serupa pasir itu. Meskipun sedikit, mengonsumsi bahan tersebut tentunya tidak dianjur buat kalian yang sudah terkena diabetes atau ingin menjaga kesehatan tubuh agar tak terkena tersebut.

Perlu diketahui, sebenarnya tidak jadi soal jika harus mengonsumsi gula tebu. Asal, tidak setiap hari dan jumlahnya tidak di luar batas normal. Bila ingin lebih terjamin terhindar dari penyakit ini, penting rasanya mengetahui trik masak yang dapat diterapkan untuk mencegah diabetes. Triknya sederhana, ganti gula tebu atau gula pasir dengan bahan pemanis alami.


Adapun bahan pemanis alami tersebut, antara lain:
  • Madu
Kalian semua pasti sudah tahu bahwa madu memiliki cita rasa yang manis. Tapi, saya yakin tak semua orang terpikir untuk memanfaatkannya sebagai bahan alami pengganti gula. Padahal, dari sekian banyak bahan pemanis alami, madu merupakan bahan yang paling identik rasanya dengan gula pasir atau gula tebu. Di samping itu, kalian bisa juga mendapatkan manfaat lain dari madu buat kesehatan badan. Disebut-sebut, madu memiliki beragam efek positif buat kesehatan. Di antaranya, menjaga stabilitas tekanan darah, mempertahankan daya ingat, manambah stamina, meredakan radang tenggorokan, menjaga tubuh dari gangguan jantung dan masih banyak lagi lainnya.


  • Gula aren
Selain madu, bahan yang rasanya hampir identik dengan gula tebu adalah gula aren. Perlu diketahui, gula aren atau gula merah dibuat dari air pohon nira. Nah, air pohon nira ini relatif aman dikonsumsi oleh kalian yang sudah terlanjur mempunyai riwayat sebagai penderita diabetes atau yang menghidari penyakit tersebut.

  • Aneka buah dan sayur yang memiliki cita rasa manis
Beberapa jenis buah dan sayur sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami pengganti gula pasir. Yakni, buah dan sayur yang memiliki rasa cenderung manis, seperti jeruk batu, apel dan wortel. Hanya saja, agar dapat dimanfaatkan secara lebih efisien, apel dan wortel harus diproses terlebih dahulu. Caranya, diparut terlebih dahulu, baru kemudian diperas agar keluar airnya. Setelah itu, apel dan wortel dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami pengganti gula yang tentunya aman dari ancaman terkena diabetes jika dikonsumsi.

Untuk dapat memanfaatkan aneka bahan alami pengganti gula yang telah disebut di atas, semuanya bergantung dengan tingkat kreativitas kalian masing. Adapun trik ini dapat Anda gunakan untuk mengaplikasikan resep ayam goreng bumbu teriyaki spesial, resep sup jagung kaldu spesialresep jus alpukat lumer di mulutresep minuman berkhasiat meredakan batuk dan demam II, serta resep jus buat mengobati kanker hati. Beberapa menu masakan dan minuman yang telah disebut, hanya sekadar contoh. Terima kasih telah membaca trik masak cegah diabetes.

Postingan populer dari blog ini

Resep Masakan Soto Banjar Asli khas Kalimantan

Resep Masakan Pepes Tahu gurih dengan bungkus daun pisang

Resep Kue Dadar Gulung dengan warna dan rasa yang nikmat