Fried Fish Burger with Cheese

Advertiser
Advertiser
Mungkin kalian sudah sering membuat atau sekadar menikmati cita rasa beef burger atau roti burger daging sapi. Tapi, bagaimana bila daging yang diselipkan di dalam roti berger adalah daging ikan. Rasanya tidak kalah lezat. Bahkan, cita rasa menu masakan kreatif yang satu ini lebih terasa segar. Tak bisa dipungkiri, cita rasa daging ikan memang lebih segar ketimbang daging sapi. Dan, dibanding dengan daging sapi, daging ikan disebut-sebut baik untuk menunjang kesehatan lantaran mengandung omega 3 dan omega 6.

Selain segar khas daging ikan, pada menu masakan sehat ini, kalian juga bisa merasakan cita rasa gurih dari keju. Jenis keju yang ingin teman-teman pakai boleh apa saja ketika ingin membuatnya. Tinggal sesuaikan dengan selera masing-masing.

Mau mencoba? Silakan simak resep fried fish burger with cheese berikut ini. Penting juga menyimak tipsnya. Resep ini setara 4 porsi.


Bahan untuk membuat fried fish burger with cheese:
1. 2 ekor ikan gurami ukuran sedang hingga besar (250 gram sampai 300 gram per ekor). Pisahkan daging ikan dengan tulangnya. Dengan begitu kalian akan mendapat 4 bagian daging yang sama besar.
2. 250 gram keju, diparut.
3. Garam dan lada hitam atau lada putih, secukupnya.
4. 2 buah telur ayam, dikocok lepas.
5. 300 gram tepung roti.
6. 4 buah roti burger, masing-masing dibelah menjadi 2 bagian.
7. Mentega atau margarin secukupnya untuk memanaskan roti burger.
8. Minyak goreng yang cukup banyak untuk menggoreng ikan.


Cara membuat fried fish burger with cheese:
1. Balur daging ikan dengan garam dan lada, diamkan lebih kurang selama 5 menit supaya meresap.
2. Taburkan keju parut di atas permukaan daging ikan hingga merata. Tekan-tekan agar keju agak menempel ke permukaan daging ikan.
3. Rendam dan segera angkat daging ikan yang telah diberi keju di atasnya.
4. Balur dengan tepung roti, hingga rata.
5. Simpan di lemari es supaya semua bahan mudah merekat satu sama lain karena suhu dingin. Waktu yang dibutuhkan lebih kurang selama 15 menit.
6. Panaskan minyak goreng.
7. Goreng daging ikan yang telah dikeluarkan dari lemeri es hingga matang sempurna dan berwarna kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.
8. Sembari mengoreng ikan, kalian bisa memanaskan roti burger yang permukaan bagian dalamnya sudah diolesi mentega atau margarin.
9. Susun ikan goreng di bagian tengah, antara potongan roti burger satu dengan yang lain.
10. Sajikan menu masakan kreatif ini dengan beberapa jenis sayuran, seperti selada air dan tomat.


Menu ini semakin mantap bila diselipkan saus mayones dan mustard yang dicampur dengan air jeruk nipis, sedikit garam dan lada putih atau lada hitam. Terima kasih telah membaca cara membuat fried fish burger with cheese. Saya merasa senang bila resep ini, sedikit banyak, dapat memberikan inspirasi memasak buat teman-teman. Perbanyak pengetahuan kalian soal berbagai resep masakan dengan membaca resep masakan lainnya yang telah ditayangkan di County Food.
Advertiser