Resep Sambal Bawang Praktis Pemicu Selera

Advertiser
Advertiser

Dari sekian banyak aneka sambal yang pernah dibahas oleh redaksi County Food, resep sambal bawang ini yang paling praktis dibuat. Pasalnya, bahan yang digunakan sangat minimalis dan cara membuatnya sangat mudah. Meski begitu, jangan remehkan cita rasanya. Sambal ini cukup ampuh dijadikan sebagai pemicu selera makan.

Adapun aneka resep sambal yang pernah dibahas oleh redaksi County Food pada beberapa kesempatan sebelumnya, di antaranya, resep sambal terasi goreng spesial dan resep sambal udang kelas restoran, resep sambal balado spesial. Sama halnya dengan resep sambal bawang praktis yang cukup ampuh dijadikan sebagai pemicu selera makan ini.

Ingin mencoba? Silakan simak resep sambal bawang praktis yang cukup ampuh dijadikan sebagai pemicu selera makan berikut ini hingga tuntas supaya Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Pasalnya, selain daftar bahan dan cara membuatnya, Anda juga harus mengetahui tips serta penjelasan tambahan pada paragraf terakhir.


Bahan serta bumbu yang harus disiapkan untuk membuat atau mengolah resep sambal bawang praktis yang cukup ampuh dijadikan sebagai pemicu selera makan:
1.  1 siung bawang putih.
2.  5 buah cabai merah keriting, dipotong-potong.
3.  5 buah cabai rawit hijau, dipotong-potong.
4.  Garam, gula pasir dan lada bubuk secukupnya.
5.  Minyak goreng secukupnya.


Tips membuat atau mengolah resep sambal bawang praktis yang cukup ampuh dijadikan sebagai pemicu selera makan:
1.  Bila ingin mendapatkan cita rasa yang lebih pedas, Anda bisa menggunakan cabai rawit merah atau menambahkan jumlah cabai yang digunakan.
2.  Disarankan untuk memakai jenis cabai merah keriting, bukan yang lain, seperti cabai merah atau hijau besar maupun cabai hijau keriting. Pasalnya, dapat memengaruhi cita rasa.
3.  Pemakaian gula pasir dan lada bubuk hanya sebagai pemantap rasa. Sebab, cita rasa asin pada menu ini relatif cukup dominan.


Cara membuat sambal bawang praktis yang cukup ampuh dijadikan sebagai pemicu selera makan:
1.  Panaskan minyak goreng.
2.  Haluskan bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit hijau, garam, gula pasir dan lada bubuk dengan menggunakan ulekan.
3.  Siram dengan minyak goreng yang telah dipanaskan, aduk hingga tercampur rata.
4.  Sambal bawang siap dihidangkan bersama lauk dan nasi putih hangat (ini trik menanak nasi hemat listrik). Dan, pertimbangkan juga untuk mencoba resep sambal seafood asam segar menggoda selera.

Meski sederhana, sambal tradisional ini sangat cocok dihidangkan dengan beberapa resep gorengan, seperti gimbal udang gembung dan resep bakwan udang aneka sayuran (sebuah siasat bagi yang tak doyan sayuran). Dengan begitu, acara makan jadi lebih kaya rasa dan menarik.
Advertiser