Resep Sambal Ijo Khas Masakan Rendang Padang

Advertiser
Advertiser

Cita rasa resep sambal ijo khas masakan rendang padang memang sangat cocok didampingkan dengan resep rendang kering daging sapi. Sampai-sampai, kalau kalau makan rendang padang, kurang mantap bila tidak dengan sambal ijo.

Cara membuat hidangan yang juga termasuk masakan khas Indonesia ini cukup mudah. Bahan yang digunakan juga pasti tersedia di pasar tradisional. Adapun yang membuat rasanya semakin spesial, sedap dan mantap adalah cita rasa khas daun bawang yang dicampurkan pada resep sambal ijo khas masakan rendang Pandang ini.

Ingin mencoba? Silakan simak resep sambal ijo khas masakan rendang Padang berikut ini hingga tuntas. Sebab, selain daftar bahan dan cara membuatnya, penting juga menyimak tips dan penjelasan tambahan pada paragraf terakhir.


Bahan untuk membuat atau mengolah resep sambal ijo khas masakan rendang Padang:
1. 8 buah cabai rawit warna hijua.
2. 5 buah cabai hijau besar.
3. 6 buah cabai keriting warna hijau.
4. 4 buah tomat hijau, dua buah tomat dihaluskan bersama bahan yang lain, sisanya dipotong, masing-masing menjadi 16 bagian.
5. 3 siung bawang putih.
6. 4 siung bawang merah.
7. 4 utas daun bawang.
8. 1 sendok teh terasi, goreng sebentar dengan minyak panas, tiriskan.
9. Garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya.
10. Minyak goreng secukupnya untuk menumis.


Tips membuat sambal ijo khas masakan rendang Padang:
1. Tidak disarankan memakai tomat selain yang berwarna hijau. Karena tomat hijau juga menjadi salah satu ciri khas dari sambal ijo.
2. Gunakan gula pasir sedikit saja. Fungsinya sebagai pemantap rasa. Cita rasa yang menonjol pada sambal ijo adalah asin dan gurih.
3. Gunakan merica bubuk sedikit saja. Fungsinya sama dengan gula pasir.


Cara membuat sambal ijo khas masakan rendang Padang:
1. Kecuali miyak goreng, haluskan semua bahan menjadi satu.
2. Panaskan minyak goreng untuk menumis.
3. Tumis bahan yang sudah dihaluskan hingga harum.
4. Masukkan tomat dan daun bawang, tumis kembali hingga kedua bahan tersebut menjadi layu, matikan api kompornya. Sambal ini tentunya paling cocok untuk melengkapi resep rendang daging kambing spesial Idul Adha maupun resep rendang daging ayam istimewa.

Yang penting untuk diketahui, tekstur yang disarankan pada resep sambal ijo khas masakan rendang Padang adalah tidak terlalu halus. Saat menghaluskan bahan disarankan tidak terlalu halus, sehingga saat dimakan masih terasa tekstur cabai dan bawang merah.
Advertiser