Lorem

Bahan 1 :
  • 200 gr ayam cincang ( aku pake ayam fillet, cincang sendiri)
  • 100 gr udang di cincang
  • 200 gr ikan tenggiri dihaluskan ( aku pake spanish mackerel )
  • 2 sdm ebi digoreng dan diulek lemes ( kemarin aku gak pake, ternyata persediaan habis euy…tapi kayaknya klu pake lebih mantaf deh….)
  • 2 batang daun bawang iris halus
Bahan 2 :
  • 150 gr tepung tapioka
  • Tepung terigu secukupnya ( kayaknya aku cuma pake sesendok makan deh..)
  • 150 gr labu sian /bengkoang serut halus
  • 150 ml air
Bumbu diuleg :
  • 4 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt garam
  • Kecap ikan secukupnya ( diresep 5 sdm, tapi fish sauce di Thai asin banget, jadi aku kurangin)
Cara membuat :
  1. Campur bahan 1 dan 2 juga bumbu diuleg serta kecap asin, lalu diulet pake tangan, aduk rata.
  2. Tambahkan air biasa 150 cc boleh ditambah lagi max 50 cc, disesuaikan, pokoknya tidak terlalu cair, juga tidak terlalu keras.
  3. Setelah semua tercampur, harus langsung dibentuk, aku pake kulit pangsit di isi bahan adonan ini….
  4. Juga isi temen2nya siomay seperti tahu, kol rebus, kentang, paria, telor ( aku kok yah permalesan .. yang di isi adonan ikan cuma tahu heheheh…)
  5. Kukus sampai matang.
Saus Kacang :
  • 200 gr kacang tanah goreng
  • Gula merah
  • 1sdt garam
  • Kecap sedikit
  • 3 siung bawang putih
  • 50 gr kentang rebus, haluskan
  • santan encer
Haluskan semua, masak di api kecil sampe mengental dan berminyak
Sumber:  dari berbagai sumber di internet
 Sumber Berita:http://www.resepkomplit.com/resep-somay-bandung.html
Sumber foto:http://www.flickr.com/photos/nisamufti/3216439370/

Resep Somay Bandung

Bahan 1 :
  • 200 gr ayam cincang ( aku pake ayam fillet, cincang sendiri)
  • 100 gr udang di cincang
  • 200 gr ikan tenggiri dihaluskan ( aku pake spanish mackerel )
  • 2 sdm ebi digoreng dan diulek lemes ( kemarin aku gak pake, ternyata persediaan habis euy…tapi kayaknya klu pake lebih mantaf deh….)
  • 2 batang daun bawang iris halus
Bahan 2 :
  • 150 gr tepung tapioka
  • Tepung terigu secukupnya ( kayaknya aku cuma pake sesendok makan deh..)
  • 150 gr labu sian /bengkoang serut halus
  • 150 ml air
Bumbu diuleg :
  • 4 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt garam
  • Kecap ikan secukupnya ( diresep 5 sdm, tapi fish sauce di Thai asin banget, jadi aku kurangin)
Cara membuat :
  1. Campur bahan 1 dan 2 juga bumbu diuleg serta kecap asin, lalu diulet pake tangan, aduk rata.
  2. Tambahkan air biasa 150 cc boleh ditambah lagi max 50 cc, disesuaikan, pokoknya tidak terlalu cair, juga tidak terlalu keras.
  3. Setelah semua tercampur, harus langsung dibentuk, aku pake kulit pangsit di isi bahan adonan ini….
  4. Juga isi temen2nya siomay seperti tahu, kol rebus, kentang, paria, telor ( aku kok yah permalesan .. yang di isi adonan ikan cuma tahu heheheh…)
  5. Kukus sampai matang.
Saus Kacang :
  • 200 gr kacang tanah goreng
  • Gula merah
  • 1sdt garam
  • Kecap sedikit
  • 3 siung bawang putih
  • 50 gr kentang rebus, haluskan
  • santan encer
Haluskan semua, masak di api kecil sampe mengental dan berminyak
Sumber:  dari berbagai sumber di internet
 Sumber Berita:http://www.resepkomplit.com/resep-somay-bandung.html
Sumber foto:http://www.flickr.com/photos/nisamufti/3216439370/