Trik Menjaga Kesegaran Ikan Sesaat Setelah Dibeli

Advertiser
Advertiser
Daging ikan segar memang kaya akan nutrisi yang baik buat menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, di dalam bahan makanan tersebut terkadung aneka vitamin, protein, dan omega 3. Tak ayal bila bahan makanan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsikan pada anak usia di bawah lima tahun (balita). Ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah daging ikan yang masih dalam kondisi segar. Tak peduli di pasar tradisional atau di swalayan, banyak dijual ikan segar. Tapi, orang sering mengabaikan perlakukan yang tepat untuk menjaga kesegaran ikan sesaat setelah dibeli. Nah, berikut trik yang bisa Anda aplikasikan.

Tak menjadi masalah bila seketika setelah membeli dari pasar tradisional atau swalayan, ikan yang dibeli tersebut langsung dimasak. Tentunya, kesegarannya masih terjaga. Tapi, bagaimana kalau jarak antara rumah Anda dengan pasar atau swalayan relatif jauh. Dimasukkan di kantung plasti selama 15 menit saja, ikan tersebut akan lekas menjadi busuk. Tak percaya, silakan bau sendiri. Tak ayal Anda akan mendapati bau amis yang menyeruak ke seluruh rongga hidung.


Oleh sebab itu, bila hendak membeli ikan, sebaiknya persiapkan dulu tentang bagaimana cara untuk menjaga kesegarannya hingga ikan tersebut siap untuk dimasak.

Trik ini sangat mudah untuk diterapkan. Anda cukup membeli batu es sebelum membeli ikan. Masukkan batu es tersebut ke dalam plastik tebal. Setelah itu, Anda tinggal membeli ikan yang Anda inginkan.

Pilih ikan yang masih dalam kondisi segar. Cirinya, mata ikan masih berwarna bening. Kalau mata ikan sudah berwarna gelap, artinya ikan tersebut sudah tidak segar lagi. Selain itu, ekor ikan juga masih dalam kondisi utuh dan terlihat segar.

Nah, setelah mendapatkan ikan dengan ciri-ciri tersebut, langsung beli dengan harga yang wajar. Selanjutnya, masukkan ikan yang sudah Anda beli ke dalam kantung plastik yang di dalamnya sudah berisi batu es. Dengan begitu, dijamin ikan yang Anda beli kesegarannya tetap terjaga meskipun perjalan dari pasar atau swalayan ke rumah Anda mencapai lebih dari 15 menit.

Setelah sampai di rumah, lalu bagaimana bila ikan tersebut tidak langsung dimasak. Sementara seiring berjalannya waktu, batu es juga bakal mencair. Jawabnya mudah, masukkan saja ke kulkas. Tapi, tidak sembarang dimasukkan ke kulkas, bila ingin ikan yang Anda beli bisa awet kesegarannya sampai lebih kurang 2 bulan. Berikut trik menjaga kesegaran ikan supaya lebih tahan lama. Kuasai kedua trik tersebut, niscaya Anda akan mendapat kepuasan tiap kali memasak ikan.
Advertiser