Lorem

Resep Bubur Ketan Hitam Sederhana

Meskipun bubur ketan hitam yang dibuat secara sederhana, tapi menu camilan yang bisa dihidangkan saat berbuka puasa atau setidaknya sebagai pengganjal perut di tengah antara jam sarapan dan makan siang ini memiliki rasa spesial.

Perlu diketahui, bila sudah matang, ketan hitam memiliki rasa yang legit. Sengaja ditambah gula untuk memberikan rasa manis. Pada hidangan ini ada juga rasa gurih. Rasa tersebut berasal dari santan kelapa. Disarankan untuk menggunakan santan kental supaya nikmat. Berikut ini resepnya.


Bahan:
1.   100 gram beras ketan hitam, rendam selama lebih kurang 2 jam, tiriskan.
2.   2 liter air putih.
3.   0,5 sendok teh garam dan gula pasir secukupnya.
4.   2 lembar daun pandan, disimpul.


Bahan untuk membuat kuah santan:
1.   400 mililiter santan kental yang dibuat dari 1 butir kelapa diparut.
2.   2 lembar daun pandan, disimpul.
3.   Garam secukupnya.


Tips:
1.   Saat memasak, baik bubur ketan hitam maupun kuah santan, disarankan untuk diaduk perlahan mulai dari awal sampai akhir supaya bubur tidak lengket di dasar panci dan santan tidak pecah.
2.   Bila perlu, Anda boleh menambahkan irisan buah nangka atau pisang untuk memperkaya cita rasa.
3.   Selain buah, Anda juga bisa menambahkan sagu mutiara. Caranya, direbus dahulu sampai teksturnya menjadi lunak. Anda tinggal menambahkannya saat akan disajikan.


Cara membuat:
1.   Kecuali gula pasir, rebus semua bahan yang sudah disiapkan untuk membuat bubur, masak sambil diaduk sampai setengah matang dan kental.
2.   Tambahkan gula pasir, masak sambil diaduk sampai matang dan mengental, angkat.
3.   Rebus semua bahan yang sudah disiapkan untuk membuat kuah santan sambil diaduk sampai mendidih, matikan api kompornya.
4.   Letakkan bubur ketan hitam ke dalam mangkuk saji.
5.   Siran dengan kuah santan, bubur ketan hitam yang sederhana tapi enak siap dihidangkan. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep bubur mutiara spesial (sajian berbuka puasa) serta resep bubur ubi spesial manis gurih.

Resep bubur ketan hitam sederhana ini setara buat 4 porsi. Bila ingin membuat lebih dari itu, Anda bisa menambah bahan dan bumbu yang digunakan. Bubur ketan hitam ini sangat cocok dihidangkan dalam kondisi hangat. Tapi, tak menutup kemungkinan disajikan dalam kondisi dingin. Bila cara penyajian yang disebut terakhir yang ingin digunakan, Anda tinggal menyimpan di dalam kulkas sampai suhunya berubah menjadi dingin.