Lorem

Resep Minuman Peninggalan Sri Sultan

Konon pencipta resep minuman ini adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Lantaran sering bergaul dengan masyarakat Eropa, ia tak asing dengan bir, minuman beralkohol, minuman sehari-hari masyarakat Eropa. Bagi masyarakat Eropa, bir difungsikan sebagai penghangat tubuh, meski tak sedikit pula yang mengonsumsi minuman tersebut untuk tujuan lain yang negatif. Sementara Sri Sultan Raja Keraton Yogjakarta ini adalah muslim yang sudah barang tentu tak boleh mengonsumsi minuman beralkohol. Singkat cerita, Sri Sultan kemudian meracik sebuah resep minunam yang fungsi dan penampilannya mirip bir. Namun, resep minuman itu tak mengandung alkohol. Diramu memakai beberapa jenis rempah, akhirnya terciptalah sebuah minuman berkhasiat penghangat badan yang disebut bir pletok.

Proses meracik bir pletok peninggalan Sri Sultan ini cukup mudah dan simpel. Silakan simak resep bir pletok peninggalan Sri Sultan berikut ini. Penting juga membaca tips meracik resep minuman bir pletok peninggalan Sri Sultan. Resep minuman ini setara 8 porsi.


Bahan untuk membuat resep minuman bir pletok peninggalan Sri Sultan:
1. 2 liter air.
2. 200 gram jahe, dicuci bersih.
3. Gula merah secukupnya (takarannya disesuaikan dengan tingkat kemanisan yang Anda inginkan).
4. 2 batang serai, dicuci bersih, kemudian dimemarkan.
5. 4 lembar daun jeruk, singkirkan tulang daunnya.
6. Kayu manis sebanyak 2,5 ruas jari.
7. 6 tangkai cengkeh.
8. Gula pasir secukupnya. Kalau ada, Anda boleh mengganti gula pasir dengan gula batu.
9. Sedikit garam.
10. Seperempat sendok teh merica bubuk.


Tips membuat resep minuman bir pletok peninggalan Sri Sultan:
1. Agar baunya lebih maksimal, setelah dicuci, bakar jahe di atas api atau bara api. Bakar hingga semua sisinya terbakar sempurna, kemudian dimemarkan.
2. Setelah semua bahan dimasak (direbus) hingga matang, saring air saat dituangkan ke gelas saji agar tidak ada ampas yang terminum.
3. Diminum dalam kondisi dingin, setelah suhu norma, sebelum dituang ke gelas saji, kocok secara manual agar mendapatkan buih seperti buih yang ada pada bir.


Cara membuat resep minuman bir pletok peninggalan Sri Sultan:
1. Tungkat air ke dalam panci. Masukkan jahe yang sebelumnya telah diproses agar baunya lebih keluar, serai, daun jeruk, kayu manis dan cengkeh. Rebus hingga mendidih sambil diaduk sesekali secara teratur.
2. Kemudian masukkan gula merah dan merica bubuk. Aduk lagi hingga rata. Angkat, tuang ke gelas saji.
3. Tambahkan gula batu. Bir pletok siap diminum dalam kondisi hangat atau ditambah es batu. Pertimbangkan juga resep es buah juara serta minuman pengembali stamina.

Adapun resep minuman peninggalan Sri Sultan ini setara buat 4 porsi atau lebih.