Resep Bacem Ayam Goreng Enak

Advertiser
Advertiser
Memasuki memontem selepas Lebaran, pasti banyak orang mencari menu makanan yang ringan untuk dicerna. Pasalnya, selama beberapa hari terakhir praktis pencernaan kita selalu diisi dengan makanan berat berbahan santan. Nah, resep bacem ayam goreng yang enak ini mungkin bisa menjadi salah satu alternatif hidangan setelah bosan mengonsumsi aneka makanan berat. Resep bacem ayam goreng enak ini menonjolkan cita rasa manis dan gurih.


Bahan untuk membuat bacem ayam goreng yang enak:
1. 500 gram daging ayam, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai kebutuhan.
2. 500 mililiter air kepala.
3. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng.


Bumbu pelengkap:
1. 3 lembar daun salam.
2. Lengkuas seukuran 1 ruas ibu jari, dimemarkan.
3. 4 sendok makan gula merah dalam bentuk sudah disisir.
4. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan:
1. Selengkapnya ada pada resep tahu tempe bacem yang pasti enak.


Tips:
1. Setelah dicuci bersih, balur daging ayam dengan air jeruk nipis atau lemon untuk mengurangi bau amis.
2. Pemakaian air kelapa ditujukan untuk mengurangin bau amis. Tapi boleh saja Anda menggunakan air putih biasa bila kesulitan mendapatkan air kelapa. Itu bisa dilakukan jika sebelumnya Anda sudah dibalur dengan air jeruk nipis atau lemon.

gambar: bacem ayam goreng enak

Cara membuat bacem ayam goreng enak:
1. Tuangkan air kelapa ke dalam panci, rebus sampai menguap.
2. Masukkan, daging ayam, bumbu yang sudah dihaluskan, dan bumbu pelengkap, masak sambil diaduk sesekali sampai mendidih.
3. Kecilkan api kompornya, masak sambil sesekali diaduk sampai daging ayam matang, empuk, dan kuah mengering, matikan api kompornya.
4. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
5. Angkat ayam yang tadi sudah dimasak, tiriskan, goreng sambil dibolak-balik sampai berwarna kecokelatan, angkat, tiriskan.
6. Pindah ke wadah saji, bacem ayam goreng yang enak siap dihidangkan bersama resep pelengkap. Masakan ini juga cocok dihidangkan bersama aneka sayur.

Adapun resep bacem ayam goreng enak ini setara buat 4 porsi atau lebih. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep bacem jeroan sapi tradisional serta resep tahu tempe bacem yang pasti enak. Kedua resep masakan tersebut juga layak untuk dijadikan referensi.
Advertiser