Resep Paru Goreng Basah Bumbu Santan

Advertiser
Advertiser
Paru goreng basah ini sungguh menyenangkan. Pasalnya, kita bisa merasakan bumbu santan dan rempah yang kuat pada tiap potongan paru sapi. Lain cerita bila paru yang setelah dimasak itu, digoreng hingga garing. Mungkin, kita tidak begitu maksimal merasakan citarasa bumbu yang menyelimutinya.

Untuk mengaplikasikan resep paru goreng basah bumbu santan ini disarankan untuk menggunakan paru sapi yang masih segar. Anda bisa dengan mudah mendapatkan paru segar di super market atau di pasar tradisional.

Resep paru goreng basah bumbu santan ini juga dapat dijadikan sebagai lauk untuk menu sarapan. Apalagi kalau menu sarapannya itu, resep pecel sayur khas Jawa atau resep soto kwali khas Solo. Pasti acara sarapan jadi sangat menyenangkan.


Bahan untuk membuat paru goreng basah bumbu santan:
1. 350 gram paru.
2. 250 mililiter santan kental yang dibuat dari 0,5 butir kelapa.
3. 500 mililiter air putih.
4. Minyak sayur secukupnya untuk menumis dan menggoreng.


Bumbu yang harus dihaluskan:
1. 3 siung bawang putih.
2. 8 siung bawang merah.
3. Jahe seukuran 1 sentimeter.
4. 3 butir kemiri yang sudah disangrai.
5. 1 sendok makan gula merah yang sudah disisir.
6. 1 sendok teh biji ketumbar.

Bumbu lain:
1. Jahe seukuran 2 sentimeter, dimemarkan.
2. 2 lembar daun salam.
3. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk.
4. 1 sendok teh larutan air asam jawa.
5. 1 batang serai, gunakan bagian putihnya saja, dimemarkan.
6. Lengkuas seukuran 1 sentimeter, dimemarkan.

gambar: paru goreng basah bumbu santan

Cara membuat paru goreng basah bumbu santan:
1. Rebus paru bersama air putih, daun salam, dan jahe sampai matang, angkat, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai kebutuhan, sisihkan.
2. Panaskan minyak sayur untuk menumis. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama serai, lengkuas, dan selembar daun salam sampai harum dan matang. Tuangkan santan dan masukkan potongan paru sapi, masak sambil diaduk sesekali sampai mendidih, kecilkan api kompornya.
3. Tambahkan garam, gula pasir, lada putih bubuk, gula merah, dan larutan air asam jawa, masak sambil diaduk perlahan sampai meresap, angkat.
4. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng, goreng paru sampai kedua sisinya berubah warna, angkat, tiriskan.
5. Susun di wadah saji, paru goreng basah bumbu basah siap dihidangkan. Simak juga resep keripik paru renyah super enak atau resep sate paru goreng spesial enaknya untuk menambah referensi aneka masakan berbahan paru sapi.

Masakan ini juga sangat cocok dihidangkan sebagai lauk untuk resep soto betawi asli enak atau resep rawon spesial khas Jawa Timur.
Advertiser